Bendhung Lepen, dari selokan penuh limbah jadi destinasi wisata di Yogyakarta

Saluran irigasi yang tadinya penuh sampah di sebuah kampung di Yogyakarta telah disulap menjadi habitat ikan dengan air jernih, dan bahkan jadi destinasi wisata menarik. Bendhung Lepen namanya.

Tak banyak pengunjung yang tahu bahwa Bendhung Lepen dulunya tempat yang kumuh. Lokasi yang sekarang menjadi taman, dulunya adalah kandang hewan.

Aliran airnya irigasi juga kotor dan sering tersumbat karena banyak sampah. Tak jarang warga yang mengeluh bau tak sedap menguar dari sana.

Simak juga:

Semua bermula dari gagasan para pemuda Kampung Mrican. Mereka bergotong royong membersihkan saluran irigasi, mengangkut sampah yang menyumbat dan lumpur yang mengendap.

Mereka juga melepasliarkan ikan konsumsi di saluran irigasi tersebut.

Sempat dianggap 'tidak ada kerjaan' oleh warga sekitar, kerja keras menghasilkan lingkungan indah dan populasi ikan yang melimpah.

Semua pencapaian itu tidak hanya membuat lingkungan berubah, perilaku warga pun berganti. Mereka yang awalnya mencibir kini memuji dan turut menjaga lingkungan.

"Yang dulunya sering membuang sampah di irigasi, sekarang sadar dan membuang sampah pada tempatnya. Yang dulu cuek sekarang ikut bersih-bersih sampah di sini," kata Suradianto, salah satu pemuda Kampung Mrican.

Video Editor: Anindita Pradana

Kameraman: Furqon Ulya Himawan